Seberapa Kuat Saitama ? Goku jauh lebih lemah dibandingkan Saitama

Muka Gile Saitama

Hari ini aku akan mencoba mengevaluasi kekuatan Saitama dari Anime One Punch Man di kategori seperti kekuatan, kecepatan, daya tahan dan lain-lain. Sebenarnya berapa kuat sih Saitama? lebih kuat kah dari Goku? untuk menjawab pertanyaan itu maka dibawah ini adalah beberapa bukti kekuatan menakjubkan yang dimiliki Saitama dan tentu saja dengan bukti gambar juga sedikit bukti ilmiah.  

REQUEST BY : YUDHA @OALINE : @dyj5070l

1. KEKUATAN SAITAMA 


Saitama mengangkat beban
Kekuatan Saitama

Kekuatan Saitama selalu yang terkuat dari awal kemunculannya menjadi Hero hingga sekarang di Manganya yang memasuki Garou Arc. Saitama mampu mengalahkan musuh apapun dengan satu pukulan yang menjadi ciri khas dirinya dan telah terjadi berbagai macam monster, mutan, alien dan mahluk lain. Pukulan Saitama benar-benar kuat dan bisa memusnahkan Monster Level Naga (Dragon Level Disasater) dengan serangan mereka jika Saitama tidak menghancurkan mereka dengan fasilitas tersebut. Saitama juga bisa menerbangkan musuhnya bermil-mil jauhnya.

Lompatan Saitama
Test Masuk Asosiasi Pahlawan

Pada saat seleksi pahlawan yang diadakan Hero Association Saitama berhasil mengalahkan semua peserta bahkan rekor-rekor sebelumnya jauh dilampaui saitama mulai dari lari, lompat, angkat beban dan berbagai macam test fisik nilainya melebihi sempurna.

Hancurnya meteor
Meteor yang dihancurkan Saitama


Dia bisa menembus melalui Batu meteor yang memiliki potensi menghancurkan banyak kota. Saitama berhasil menembus dindinggedung Hero Association yang sudah diperkuat olehh metal knight dengan besi dan beton tambahan yang jika dilihat ketika Pesawat Alien boros menggunakan Bomnya untuk menghancurkan seluruh kota A hanya dalam beberapa detik hanya gedung Hero Association saja yang berhasil bertahan tanpa goresan dan Saitama dengan mudahnya menembus gedung itu dengan pukulannya. ledakan bom atom saja memiliki daya ledak seribu TON TNT jadi seberapa besar kekuatan pukulan saitama?  


Saitama menghancurkan gedung
Saitama berhasil menembus Rainforced Steel Gedung Hero Association
'
Aku mengambil penelitian dari salah satu Video di You tube yang meneliti seberapa kuat pukulan Saitama. Mereka meneliti dari Opening One Punch man yang mengambil adegan (1) yaitu tinju saitama yang mengarah ke penonton disana dijelaskan pukulan saitama melesat sekita 4 mach atau 4x kecepatan suara dan di situ ada ledakan yang memancarkan dari sebelum warna tangan Saitama berubah menjadi Putih kemungkinan ini berhubungan dengan efek "Blue Shifting" 

Pukulan Beruntun Saitama melawan Boros
Blue Shifting adalah setiap penurunan panjang gelombang, dengan peningkatan yang sesuai pada frekuensi, dari gelombang elektromagnetik; efek sebaliknya disebut sebagai pergeseran merah. Dalam cahaya tampak, ini menggeser warna dari ujung merah spektrum ke ujung biru.

Doppler Blueshift disebabkan oleh pergerakan sumber terhadap pengamat. Istilah berlaku untuk setiap penurunan panjang gelombang dan peningkatan frekuensi yang disebabkan oleh gerakan, bahkan di luar spektrum yang terlihat. Hanya benda bergerak dengan kecepatan dekat-relativistik terhadap pengamat terasa biru dengan mata telanjang, tetapi panjang gelombang setiap foton tercermin atau dipancarkan atau partikel lain dipersingkat dalam arah perjalanan. 
Serious punch!!!
Jika kita hubungkan kekuatan Pukulan Saitama ini mungkin akan sama kuat dengan "Infinite Punch Mass" milik The Flash dari komik DC. Kekuatan pukulan Saitama mungkin berada di kisaran 15 Kiloton ledakan (Adegan  Pelatihan Saitama vs Genos) dimana tenaga itulah yang dibutuhkan untuk menhancurkan sebuah gunung setinggi 600 kaki.

Dia juga bisa melempar benda-benda dengan kecepatan luar biasa bahkan batu kerikil saja dia lemparkan lebih cepat dari peluru Dia bahkan bisa menendang dan menghancurkan rudal di udara kalian bisa lihat adegan ini di Episode 11.


Easter Egg Di Opening One Punchman

Fakta menariknya adalah ada sebuah scane di opening (Split Screen) sepersekian detik bahkan aku saja sangat sulit mendapatkan gambar split screen di mana Saitama memandang Bumi yang berarti Saitama jauh lebih kuat dari yang lain yang ada di bumi versi One Punch Man.

2. KECEPATAN SAITAMA



Saitama berlari mencari penjahat.

Kecepatan Saitama bisa kita lihat dari dia bisa berlari dengan cepat mengelilingi kota bahkan bisa berlari di permukaan air  yang mengharuskan kecepatan 30m/second untuk bisa berlari di air yang total kecepatannya lebih cepat 3x dari kecepatan Usain Bolt saat memecahkan rekor olimpiade bisa dikatakan kecepatannya antara 3 Mach atau 4 mach atau bahkan lebih cepat lagi. 

Supersonic mengacu pada benda yang bergerak lebih cepat dari kecepatan suara. Transportasi supersonik Inggris-Perancis (SST) yaitu pesawat Concorde, yang tidak lagi melayani penumpang, terbang dengan kecepatan Mach 2. Sebagian besar jajaran papan atas pesawat tempur militer seperti F-14 Tomcat , F-15 Eagle, F-16 Falcon, F-18 Hornet, dan F-22 Raptor, semua terbang dengan kecepatan sekitar Mach 2. Pesawat tempur siluman F-117 Nighthawk terdaftar dengan kecepatan 0,92 Mach, tepat di bawah kecepatan suara. Pesawat ruang angkasa mengorbit bumi dengan kecepatan lebih dari 17.000 mph, dan juga Stasiun Luar Angkasa Internasional saat ini; terhitung sekitar Mach 23.
Saitama Memukul Testikel Sonic :v
Kecepatan Saitama bisa kita bandingkan dengan Karakter Sonic yang mengandalkan kecepatannya yang melebihi suara. Saitama berhasil mengikuti pergerakan Sonic selain itu di manganya Sonic mencoba melompat kesaming untuk membentuk 3 bayangan dirinya agar membingungkan saitama tapi kenyataannya Saitama melakukan hal yang sama dan berhasil membuat lebih dari 10 bayangan dengan cara melompat-lompat kesamping ini artinya kecepatan saitama bisa 25x dari kecepatan suata 344 m/detik (1238 km/jam) bila di hitung 25 * 344 m/detik (1238 km/jam) = 8900 meter perdetik (30.950 km / jam) sedangkan kecepatan cahaya normalnya 299.792.458 meter per detik. Tapi ukuran ini tidak menjadi patokan kecepatan saitama.

Kita bisa lihat lagi kecepatan saitama saat melawan Lord Boros. Ketika Boros menggunakan kekuatannya yang katanya setara dengan latihan anaerobik. Tapi latihan anaerobik itu apa ?

Boros VS Saitama dalam kecepatan

Latihan anaerobik merangsang aktivitas otot dalam intensitas tinggi sehingga meningkatkan kekuatan dan daya tahan otot. Latihan anaerobik membuat tubuh tidak mampu memasok cukup oksigen ke otot yang diperlukan dalam sintesis energi. Dalam kondisi itu, otot harus bergantung pada kemampuan tubuh untuk memperoduksi energi tanpa oksigen. Karena jumlah oksigen yang dikirim ke sel tidak memadai, tubuh mulai membakar karbohidrat yang menghasilkan pembakaran lebih banyak kalori. Proses pembakaran kalori ini akan menghasilkan produk sampingan yang disebut asam laktat.

Asam laktat menyebabkan kelelahan otot dan harus dihilangkan selama periode istirahat sebelum melakukan latihan fisik berikutnya. Contoh latihan anaerobik diantaranya adalah angkat beban, melompat, sprint, lempar lembing, lompat jauh, lompat tinggi, tolak peluru, lempar palu, push-up, dan pull-up. Artinya adalah Boros melakukan latihan berat untuk memaksa tubuhnya mencapai titik maksimal terutama di kecepatan dan juga kekuatan yang bisa menerbangkan Saitama Ke Bulan. 

Saitama berhasil kembali ke bumi setelah melompat dari bulan. Lalu kita ambil lagi rumus kecepatan cahaya dari Bulan Ke Bumi yang jika dilihat hasilnya adalah 1.3 detik tapi disini saitama dengan total yang kita liat di anime Saitama Kembali dengan waktu dari menit 9.10 ke menit 9.30 yang artinya 20 detik total saitama menuju bumi itu hanya waktu tampilan di Anime episode 12nya saja kenyataannya mungkin butuh 5 detik untuk saitama berada di tekanan udara hampa luar angkasa untuk bisa sampai ke bumi tepat di atas pesawat Boros.

Saitama Vs Koro Sensei
Dan sayangnya Saitama tidak bisa terbang dan hanya bisa berlari dan melompat.....


3. DAYA TAHAN SAITAMA 


Saitama di pukul Hammer Head

Daya tahan Saitama benar-benar luar biasa kita bisa melihat adegan Saitama di Sambar oleh petir bukan di Openingnya? Kekuatan Sambaran petir sendiri, panas sebuah sambaran petir saja lebih dari 30.000 Kelvin yang bisa dibayangkan 5x lebih panas dibandingkan permukaan matahari dan bahkan Saitama yang berjalan sendirian di jalan raya dengan santainya terkena sambaran petir dari sebuah badai dan bahkan tidak tergores sedikitpun kepala plontosnya itu. 

Gak Ngefek!

Adegan lainnya yang membuktikan bagaimana luar biasanya daya tahan milik Saitama adalah ketika adegan Saitama melawan Sea King dimana Seaking melakukan pukulan yang sama dengan pukulan yang menghancurkan Rank s Hero (Puri Puri Prisioner dan Genos) Ke kepala Saitama dan tidak terjadi apapun. Adegan lainnya adalah Saitama yang bertahan di ruang hampa udara (Luar Angkasa) hanya dengan menutup hidungnya saja.

Saitama di Bulan

Jika kalian ingin membandingkan Saitama dengan Goku aku rasa salah besar bukan soal kekuatan tapi batasan yang dimiliki ke dua karakter tersebut. Saitama sendiri adalah karakter yang sebenarnya diciptakan oleh pengarang aslinya (ONE) untuk komedi dan tidak memiliki batasan lalu bagaimana dengan Goku? Goku adalah karakter yang terus berusaha menembus batas yang dia miliki Potensinya terus berkembang tapi tentu saja memiliki batasan.

Saitama Vs Goku (Sumber Foto)

Jika berbicara saol kelemahan Saitama apa? sampai sekarang ada dua jenis saja yang diketahui yaitu Saitama tidak bisa mengalahkan seekor nyamuk dan Musuh terkuat adalah musuh yang memiliki kemampuan regenerasi yang baik.

Comments