CARA MENAMBAHKAN MUSIK DI BLOG MENGGUNAKAN SOUNDCLOUD



Kali ini saya akan membahas tentang cara menambah musik di blog menggunakan Soundcloud. Soundcloud di sini berperan sebagai music playernya. Kalau di komputer kita,ibaratkan Winamp,iTunes,Windows Media Player,dan lain-lain. Sebenarnya tanpa music playerpun bisa,hanya saja rumit. Keuntungan memakai music player yaitu pengunjung bisa mem-pause lagu yang sedang berputar jika terganggu (perhatian: pengunjung bisa terganggu dengan lagu anda!)
Oke,kita mulai. (Klik gambar jika tidak jelas,untuk memperbesar!)
  1. Menuju ke soundcloud.com. Tidak harus buat account,karena tanpa account pun bisa embed codenya. Tapi kalau saya pilih join saja
  2. Cari lagu dan artis nya. Kalau sudah ketemu,putar dulu lagunya supaya kita tidak tertipu dengan judul lagu(saya pernah! Dan itu pengalaman yang memalukan)
  3. Nah,klik share. Lalu ke Widget Code
  1.  Kalau mau musicnya di-play secara otomatis,klik gambar pensil (edit your widget) lalu centang play automatically,dan di sana juga bisa merubah warna music player anda. PERHATIAN: kode untuk lagu yang di-play otomatis dengan yang tidak otomatis berbeda,jadi hati-hati!  
  1. Copy codenya  
  2.  Sekarang menuju blog anda,jangan tutup window untuk soundcloud tadi(sementara saja!) 
  3. Sign in ke blogger  lalu bukalah tata letak 
  4.  Dimana music player akan diletakkan,terserah anda. Kalau saya di samping kanan,supaya pengunjung lebih mudah mem-pause lagu ini kalau terganggu 
  5. Klik tambahkan gadget lalu scroll ke bawah cari HTML/Javascript
  6. Paste kodenya di sana
  7. Klik simpan
  8. Pratinjau dulu,biar tidak salah.
  9. Simpan perubahan.
  10. Selesai. Coba cek blog anda :D
Kok gak bisa?
  1. Kemungkinan ada kesalahan waktu men-copy code. Meng-copy code cukup dilakukan sekali saja,dan jika ada satu huruf saja yang hilang maka code tidak akan berfungsi.
  2. Sudah di-play belum lagunya?
  3. Adobe Flash Playernya belum diinstal. 
  4. Kalau masih belum bisa,dipersilahkan Googling

Comments