Hal-Hal Unik Dalam Manga One Piece

 
1. Pertarungan
Perhatikan baik-baik, khusus di manga OP adegan battle jauh lebih sedikit jika dibandingkan manga lain. Di OP kalo emang battle, ya battle. Gak ada itu saat battle, ada "gangguan" misalnya di tengah-tengah battle tiba-tiba kita harus flashback kemasa lalu dan cerita panjang lebar barulah kita bisa melihat pertarungannya. Semuanya murni pake brute force atau pake senjata. Hal lain yang unik di OP mengenai battle adalah fakta bahwa antara satu karakter dengan karakter lainnya memiliki jurus yang berlainan, walaupun Rokushiki dan haki adalah hal yang "sama" namun aplikasinya kadang berbeda.Mungkin beberapa manga juga ada yang menggunakan pakem ini, sehingga menurut ane masalah Battle adalah bahasan yang boleh dibilang subjektif karena faktanya beberapa pembaca ada yang suka battle sihir, tenaga dalam, adu pedang, dll.
 
Thanks to
Imam MozaTrans Jatiwangi
: https://www.facebook.com/groups/Mangacomnarutoonepiece/permalink/577773665585303/
2.Komedi
Komedi di OP itu khas, maksudnya hanya beberapa karakter SHP yang "pantas" melakukan komedi pada situasi seperti itu. Misalnya Robin:Dark Comedy. Gak cocok kan kalo Luffy yang Dark Comedy. Chopper kalo ngumpet kebalik, masalah komedi "bohong" Usopp, masalah mesum Sanji, masalah nyasar Zoro, masalah uang Nami, masalah makan Luffy, masalah joke tulang Brook. Kalo diperhatikan, komedi itu akan "hidup" sedangkan hal kayak gini sulit ditemukan di manga lain yg pernah ane baca( ga tau mungki nada yg sama ^_^) dimana beberapa karakternya juga bisa melakukan komedi jadi bukan "komedi yang khas" seperti pada SHP. bahkan musuh di OP juga punya komedi khasnya sendiri.

3.Drama 
Konflik batin gak hanya seputar nakama. Beberapa part konflik paling "tearjerking" yaitu pengorbanan Dr. hiluluk, kisah mombrand norland, merry funeral, wafatnya ace dan Shiro,penyelamatan robin. dan banyak lagi.Banyak yang berpendapat kalau romantika di OP gak ada. Sebenernya itu gak selalu bener. Walau sangat sedikit, adegan cinta di OP juga ada walaupun ujung-ujungnya adalah "drama cinta yang kayaknya bukan drama cinta" semisal Sanji dengan Nami, Zoro dengan Robin atau Tashigi, Luffy dengan Hancock, dll..... Ane suka hal kayak gini karena menurut ane belum pernah ada "persaingan cinta" di SHP. Mungkinkah hal ini bakal ada ke depannya?  
Thanks to
Imam MozaTrans Jatiwangi
: https://www.facebook.com/groups/Mangacomnarutoonepiece/permalink/577773665585303/
4.Narasi
Inilah KEKUATAN ONE PIECE yang membuatnya menjadi manga pertama dalam sejarah Jepang yang mampu menembus cetakan hingga >3 juta kopi dalam waktu kurang dari dua bulan hanya untuk satu volume tankobon. Alur yang sangat rapi dan kejadian yang "gak dipaksa-paksain" membuat kita dalam baca OP seolah "hanyut" dalam cerita. dan ane liat konsep sebelum era new world hampir mempunyai rangka cerita yg sama..
> Opening ( deskripsi lokasi dan unsur2 lain didalamnya)
> Terlibat ke masalah yg tidak diduga
> Antagonis muncul - Battle - saling berpencar 1 on 1 battle - Victory
> Battle vs. big boss
> Party - deskripsi keterkaitan misteri dari perjalanan sebelumnya atau perjalanan yg akan datang
> Farewell
subjektif sih..dan di new world ini oda pasti berfikir ga bakal semonoton diatas lagi.

5.Tema
Thanks to
Imam MozaTrans Jatiwangi
: https://www.facebook.com/groups/Mangacomnarutoonepiece/permalink/577773665585303/
 secara tidak langsung one piece mengupas : SARA, perbudakan, Genosida, pemalsuan sejarah dunia,kriminal dan korupsi, percobaan manusia, "guantanamo", konspirasi pemerintah, raja lalim dan serakah, senjata rahasia pemusnah masal, narkoba, "percobaan membangkitkan orang mati" (bukan jurus membangkitkan orang mati ya hehehehe...), dan (mungkin nanti) masih ada lagi dimana tema2 tersebut "terlalu berat" bahkan untuk manga Seinen sekali pun. Namun lagi2 Oda berani "menggebrak" ketertutupan ini dengan One Piece nya.

6.World-building
Kalo diperhatikan lebih seksama lagi, kita akan liat bahwa Dunia OP udah diceritaka sebagian tempatnya oleh Oda. Ane gak bisa kasih tau karena banyak sekali mulai dari Benua Raksasa yang membelah lautan sampe air terjun berlubang bisa kita liat disini. Bahkan 10.000 meter di atas dan di bawah laut pun udah diceritakan oleh Oda. Kecuali luar angkasa (Cover Story Enel cuma contoh wilayah kecil) dan akhirat mungkin kek dragon ball ^_^

Menurut ane semuanya SUPERIOR namun hanya satu yang paling superior yaitu ARTWORK. Kenapa Artwork, padahal banyak pembaca "memandang sebelah mata" terhadap artwork OP? Jawabannya karena artwork adalah "sidik jari" mangaka. Semakin unik artwork-nya semakin mudah dikenali pembaca kalo ini manga dari mangaka yang dimaksud. Artwork OP ane suka, bahkan yang membuat ane memutuskan untuk membaca OP sebagai "bacaan bersambung rutin" berikutnya ya karena uniknya artwork OP ini yang mengombinasikan antara "art bagus" dengan "art konyol". Bahkan ane pernah ngakak hanya karena ngeliat penampilan karakter baru yang didesain sangat aneh dan konyol.

Yang perlu diperbaiki? Menurut ane, kelebihan OP sebagai "manga terdetail" bisa menjadi pisau bermata dua. Perhatikan bahwa Oda sering lupa dalam membuat asesoris dan hiasan yang ada pada tubuh karakternya., darah Akainu saat dihajar WB kadang muncul kadang hilang, bekas luka Garp yang juga sering mendadak hilang, chapter kemarin zorro punya scar menyilang kaya luffy dan masih banyak lagi. Karena itu yang perlu diperbaiki adalah kekonsistenan Oda dalam menggambar hal2 tersebut karena kelemahan Oda yang pernah diungkapkan di SBS adalah seringnya lupa menggambar detail pada tubuh karakternya karena terlalu detailnya penampilan karakter. toh lupa adalah manusiawi...
Thanks to
Imam MozaTrans Jatiwangi
: https://www.facebook.com/groups/Mangacomnarutoonepiece/permalink/577773665585303/
 

Comments